Kamis, 12 September 2013

Tips Merawat LCD Laptop Supaya Awet

SEFASnet,
LCD Laptop merupakan salah satu komponen sebuah laptop yang masih mahal harganya jika terjadi sebuah penggantian apabila rusak. Rusaknya sebuah LCD laptop disebabkan karena banyak faktor, bisa saja dari faktor bawaan pabrik ataupun dari faktor manusia yang sedang menggunakannya.


Permasalahan yang masih sering dihadapi oleh para pengguna laptop adalah LCD dengan tampilan yang bergaris, tampilan yang bergetar ,serta warna kurang tajam, dan ada juga missing color. Permasalahan ini masih banyak dialami oleh LCD yang masih menggunakan sebuah inverter atau neon untuk backlightnya. Dan sebagian besar yang ada pada kerusakan LCD masih susah ditangani kecuali dengan cara
penggantian.

Berdasarkan sebuah pengalaman, kerusakan di LCD laptop ini disebakan oleh VGA module yang kurang baik dalam kualitasnya. VGA module yang tersusun oleh VGA chipset serta kabel flexibel, konektor flexibel ke mainboard, inverter dan konektor flexibel LCD. Ini merupakan kerusakan sebuah LCD laptop yang karena disebabkan oleh faktor bawaan berasal dari pabrik pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa tips agar LCD Laptop anda menjadi lebih awet serta tahan lama:
  • Bersihkan secara rutin LCD laptop milik Anda dengan berkala menggunakan sebuah cairan khusus untuk pembersih LCD laptop.
  • Jangan menggunakan laptop milik Anda lebih dari 3 jam secara berturut-turut, anda sebaiknya matikannya sekitar 10 menit, lalu anda dapat menghidupkannya kembali .
  • Untuk Anda yang akan penggunaan Laptop dalam waktu lama maka gunakan coolingpad yang memiliki kualitas yaitu seperti coolingpad yang telah menggunakan adaptor sendiri, yang bukan mengambil dari sebuah USB laptop itu sendiri.
  • Gunakan sebuah contras serta brightness yang sedang di pengaturan LCD laptop.
  • Aturlah LCD time off saat laptop tidak sedang digunakan di dalam menu power option pada windows.
  • Membuka serta menutup LCD laptop secara benar yakni dengan memegang dari kedua sisi kanan dan kirinya, bukan yang dari atasnya, sebab di bagian atas masih ada blok yang sangat rentan rusak.
Demikianlah tips merawat LCD laptop supaya awet serta tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar