Kamis, 12 September 2013

Tips Agar Terhindar Dari Serangan Cracker/Hacker Jahat

SEFASnet,
Pernahkah anda mendengar kalau akun facebook teman anda sering dibobol oleh orang lain serta akunnya digunakan melakukan suatu tindakan yang kurang menyenangkan? Jika pernah, mungkin saja itu adalah perbuatan orang yang tidak suka terhadap teman anda, atau bisa juga teman anda sering lalai di dalam menggunakan akun facebook.

Cracker memang akan selalu mengintai kita semua di dunia maya, oleh sebab itu, kita harus lebih dapat berhati-hati di dalam menggunakan media internet di dalam kehidupan anda.
Lalu bagaimana cara agar kita semua terhindar dari kejahatan cracker? Berikut ini terdapat beberapa tips supaya menyelamatkan kita semua dari serangan hacker yang akan selalu mengintai kita di dalam dunia maya.
  • Gunakanlah private browsing saat kita ingin melakukan akses suatu situs yang mengharuskan kita login. Biasanya ini akan digunakan pada sebuah komputer yang sifatnya umum seperti di warnet, dan lainnya. Private browsing tidak mengingat histori ataupun riwayat penelusuran kita selama berada di internet. Untuk para pengguna firefox, anda dapat menggunakan sebuah private browsing dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + P.
  • Jika anda tidak menggunakan komputer pribadi, usahakan Anda tidak mencentang remember password saat login di dalam situs. Remember password biasanya akan selalu menyimpan password Anda pada browser sehingga akan sangat rawan untuk akun milik anda terserang hacker.
  • Usahakan supaya selalu logout saat anda ingin menutup sebuah situs atau ingin mengakhiri proses browsing anda. Ini digunakan supaya meminimalisir akun milik anda disalahgunakan oleh orang lain.
  • Pada saat mengisi sebuah password, gunakan fitur virtual keyboard di dalam komputer yang anda gunakan. Ini perlu digunakan supaya meminimalisir pencurian password oleh aplikasi keylogger. Virtual keyboard ini tersedia di OS Windows XP ke atas.
  • Jangan pernah mencentang checkbox Keep me logged in saat anda menggunakan komputer orang lain.
Demikianlah tips untuk menjaga sebuah akun milik anda dari serangan hacker. Jika cara tersebut telah anda lakukan, maka akun anda akan menjadi semakin aman dari serangan cracker. Semoga tips-tips diatas berguna untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar